Seru, Ini 5 Mainan Edukatif Anak di Rumah
09 Desember 2021 | Oleh: Vincensia Enggar Larasati

Bermain sambil belajar menjadi pilihan orang tua saat anak-anak di rumah karena menghindari aktivitas diluar. 

Masih di situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini dengan cuaca yang kadang panas dan tiba-tiba bisa hujan, membuat para orang tua memilih berbagai cara agar anak-anak tidak bosan di rumah. 

Salah satunya dengan membuat atau menyediakan mainan edukasi di rumah, karena bermain memang merupakan bagian dari dunia anak-anak. 

Lewat bermain, anak-anak dapat melatih motorik kasar dan halus serta mengembangkan kreativitas, imajinasi, kemampuan bicara, bersosialisasi, memecahkan masalah, menambah kosakata baru, dan masih banyak lagi.

Apalagi untuk si kecil dengan usia 0-12 bulan, tentu perlu mainan yang dapat mengembangkan kemampuan motorik, sensorik, dan logika anak.

Tidak perlu bingung, kali ini OMO mau berbagi mainan edukatif apa saja yang bisa yang bisa menjali pilihan si kecil ya Bund. 

 

  1. Bola

Setiap permainan bisa diseuaikan dengan usia si kecil. Mainan bola cocok untuk anak yang baru belajar merangkak. Bunda dapat merangsang kemampuannya saat merangkak dan mendekati bola. Ketika anak berhasil meraih bola, cobalah lempar lagi bolanya sehingga si kecili akan terus merangkak untuk mendapatkannya. 

Tidak jauh berbeda  jika Bunda memberikan bola bertekstur, maka mainan itu juga dapat merangsang kemampuan sensorik anak. 

Bunda  juga dapat memberikan bola yang dapat menghasilkan atau mengeluarkan suara saat dipegang atau ditekan. 

Dari suara tersebut, si kecil lebih mudah memahami perbedaan jenis suara. 

Selain bola, dikutip dari Diyncrafts.com, banyak kok mainan edukasi anak untuk usia 1 tahun yang bisa Bunda buat sendiri di rumah.

Beberapa bahkan bisa dibuat dari barang bekas. Menarik bukan? Dikutip dari Diyncrafts.com, apa saja mainan anak 1 tahun yang bisa dibuat di rumah? Yuk kita cari tahu Bund!

 

  1. Boneka Jari

Boneka jari menjadi favorit bagi si kecil dan  Bunda. Orang tua dapat membuatnya sendiri dengan sisa kain flanel dan beberapa barang lainnya lainnya.

Buatlah bentuk berbagai binatang dari kain tersebut untuk dijadikan boneka jari.

Lewat  boneka jari ini anak bisa mengenal dan belajar banyak warna dan bentuk-bentuk yang berbeda.

 

      3. Balok dari busa

Hal ini adalah proyek yang bagus untuk menggunakan semua potongan kain sisa.

Bunda perlu membagi atau memotongnya  menjadi bentuk balok kecil dan kemudian hanya menjahit sedikit penutup untuk masing-masing busa. 

Pilih kain yang warnanya mencolok dan motifnya beragam ya  Bunda.

 

  1. Buku Bayi

 

  1. Set Bowling dari Botol Bekas

Nah untuk yang kelima, mainan edukatif anak di rumah bisa juga dengan mengajaknya untuk bermain bowling? Bisa dicoba di rumah nih bun, membuatnya sendiri  sendiri set bowling dari botol bekas.

Untuk bermain, Bunda juga membutujkan cat berbagai warna dan botol plastik berukuran 1.5 liter. 

Warnai semua botol dengan warna berbeda. Cat bagian dalam botol agar aman untuk si kecil. Selain bisa bermain bowling, si kecil juga bisa belajar warna.

Buat arena bowling sederhana di rumah Anda dan bersenang-senanglah. Permainan ini juga ideal untuk koordinasi tangan-mata pada anak-anak.

Beberapa pilihan mainan edukatif diatas bisa dicoba ya Bund. Kegiatan bermain tersebut juga bisa membangun bonding antara orang tua dan anak.

 

Sumber :

https://parenting.firstcry.com/articles/top-40-fun-indoor-games-for-kids/

https://www.diyncrafts.com/4870/home/20-fun-creative-crafts-plastic-soda-bottles