Kemendag Komit Dorong Produk Kreatif Lokal
15 Mei 2019 | Oleh: Andhika Prasetyo (mediaindonesia.com)

KEMENDAG KOMIT DORONG PRODUK KREATIF LOKAL

KEMENTERIAN Perdagangan berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan produk kreatif dan penguatan merek nasional.

Hal itu ditunjukkan dengan kunjungan yang dilakukan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita ke pabrik OMO! Healthy Snack, produsen makanan olahan bayi dan anak-anak di Yogyakarta, Kamis (27/12).

Pada kunjungan tersebut, Enggartiasto menegaskan pentingnya dukungan yang harus diberikan kepada produk-produk kreatif agar bisa bersaing dan menjadi raja di negeri sendiri.

Produk kreatif seperti OMO, lanjutnya, dapat mengisi kebutuhan pasar domestik yang selama ini diisi produk barang jadi impor dengan harga yang lebih mahal.

"Tentunya, impor tidak bisa dihentikan sekaligus karena Indonesia belum bisa memproduksi sendiri secara massal. Tapi setidaknya kita bisa mulai merintis. Ke depannya, saya harap ada lebih banyak lagi produk-produk yang memiliki kekayaan konten lokal seperti ini untuk menggeser barang impor," ujar Enggartiasto melalui keterangan resmi, Jumat (28/12).

Ia pun akan berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait terutama Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia agar produk-produk kreatif bisa memiliki akses ke pasar ritel dengan mudah.

OMO! Healthy Snack merupakan usaha rumahan yang dirintis Stella Elvina asal Yogyakarta. Ia memproduksi makanan ringan untuk bayi dan anak-anak dengan bahan-bahan organik dan berkualitas.

Produk makanan bayi itu meraih juara pertama Maker Fest 2018 karena telah memiliki kualitas yang sangat baik. OMO telah bersertifikasi halal dan BPOM serta memiliki pendampingan dari ahli gizi. Produk itu juga tidak mengunakan pewarna buatan, MSG dan tamabahan garam.

"Kami sangat mengapresiasi usaha seperti OMO ini yang bermula dari industri rumahan yang dibangun dengan ketekunan maksimal, sehingga saya yakin ini akan menjadi besar,” tandas Enggar. (OL-3)

(mediaindonesia.com/Andhika Prasetyo : Jumat, 28 Des 2018)

https://mediaindonesia.com/read/detail/206953-kemendag-komit-dorong-produk-kreatif-lokal